Sabtu, 01 Mei 2010

Mempercantik Blog


Banyak cara untuk mempercantik tampilan blog kita supaya lebih menarik untuk dilihat diantaranya dengan menambahkan Gadget atau mengubah template blog. Dibawah ini terdapat cara-cara mengubah template dan menambahkan gadget pada blogger.
Mengubah template blog
Untuk mengubah tampilan blog, blogger memberikan beberapa template default yang dapat dipilih. Caranya pilih menu "Tata Letak", lalu pilih menu "Pilih Template Baru".

Anda bisa melihat beberapa template diberikan disana, setelah kita menemukan template yang cocok, klik template tersebut lalu pilih "Simpan Template".
Selain dengan memanfaatkan template yang diberikan dari blogger, kita juga dapat memanfaatkan template-template yang ditawarkan situs penyedia template untuk blogger. Untuk mencarinya anda bisa memanfaatkan search engine.
Setelah anda menemukan templatenya, silahkan download template tersebut maka akan terdownload file ".xml".
Setelah itu buka Dashbor blogger anda, lalu pilih pilih "Tata Letak" serta pilih "Edit HTML" maka anda akan menemukan tombol "Browse" dan "Unggah".
Pilih menu Browse lalu masukkan file ".xml" tadi., kemudian pilih Unggah.

Menambahkan Gadget Blogger

Setelah mengubah Template ada baiknya kita menmbahkan gadget juga supaya blog lebih cantik.
Untuk menambahkan gadget cukup mudah, pertama pilih "Tata Letak" lalu pilih "Elemen Laman". Disana kita dapat melihat layout blog kita. Setelah itu cari "Tambahkan Gadget" dan klik, makan akan keluar halaman baru. Pada halaman baru tersebut terdapat beberapa gadget yang sudah disediakan, pilih sesuai selera, lalu akan keluar menu-menu untuk mensetting gadget kita, settinglah dan setelah selesai pilih simpan.


Tidak ada komentar: