Sabtu, 29 November 2008

Salam Pohon Sahabat Alam

Kalau daunnya diremas, bau harum langsung menyebar. oO pantas ibu-ibu sering memasak. Mm,, masakan pun jadi lebih sedap


1. Sahabat Alam
Selain untuk bimbu dapur, ternyata pohon dan buah sal;am uga bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Phonnya yang kokoh dan daunnya yang rimbun, bisa melindungi tanaman kecil lain dari sengatan matahari. Siang hari, saat hijau daunnya berfotosintesis, pohon salam menghisap karbondioksida dan banyak mengluarkan oksigen. Udara disekitarnyapun jadi sejuk dan segar. Hewan-hewan seperti tupai, burung, monyet, dan kelelawar sangat menyukai pohon salam. Sebab buah salam yang buahnya kecil-kecil siap menjadi santapan harian mereka.


2. Pewarna dan obat alami
Tentu, pohon salam sahabat manusia juga. Pohon yang biasanya liar hidup liar di dataran rendah hengga pegunungan ini ternyata oleh ramuan sering digunakan untuk obat. Seperti, mengobati asam urat, kolesterol, stroke, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis dan lainnya.
Di desa, para pengrajin anyaman menggunakan kulit-kulit pohon salan untuk mewarnai anyamannya sehinggga tampil cantik alami. Sedangkan para nelayan sering memanfaatkan kulit pohon salam untuk mewarnai jalanya agar tersamar.

Salam berasal dari kata dalam bahasa Arab, yang berarti selamat, baik dan damai. Kalau begitu, ayo kita tanam pohon salam, agar Bumi kita selamat dari Global Warming.

Sumber : Majalah Bobo

Tidak ada komentar: